Universitas Terbuka – Banyak kerabat dan kolega saya yang juga kuliah di Universitas Terbuka dan mereka membeberkan situs slot thailand rahasia agar cepat lulus dari kampus ini. Ada berbagai pendapat dan testimoni dari mahasiswa yang belajar di Universitas Terbuka (UT). Ada yang bilang jadi mahasiswa UT itu menyenangkan karena sistem belajarnya fleksibel, tapi tak sedikit juga yang merasa kuliah di UT penuh tantangan.

Berbagai pendapat dan kesaksian para mahasiswa ini menjadi bukti bahwa belajar di Universitas Terbuka tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, kampus ini masih memiliki aturan akademik yang ketat dan harus dipatuhi oleh seluruh mahasiswa.

Informasi Agar Cepat Lulus dari Universitas Terbuka

Kebetulan banyak saudara dan kolega saya kuliah di kampus yang pusatnya di Pondok Cabe. Rata-rata mereka bisa lulus dengan cepat dari Universitas Terbuka, bahkan ada yang lulus kuliah kurang dari empat tahun.

Wow, itu sangat keren bukan? Kenapa ya? Apalagi mengingat sebagian besar dari mereka kuliah sambil bekerja. Namun, mereka tetap bertahan dalam menyelesaikan studinya hingga lulus.

Jadi, sistem pembelajaran UT yang fleksibel bukanlah faktor utama penyebab mahasiswa lulus tepat waktu. Buktinya, meski kuliahnya fleksibel dan tidak bolak-balik ke kampus dari pagi hingga sore, nyatanya banyak yang tidak lulus bahkan lebih dari dua belas semester!

Baca juga: Inilah 100 Daftar Terbaru Universitas Negeri di Indonesia

Selain itu, walaupun selalu mendapat nilai bagus semasa SMA, bukan jaminan mahasiswa Universitas Terbuka bisa lulus tepat waktu. Ternyata menurut pengalaman kerabat dan rekan saya, kunci utama sukses kuliah di Universitas Terbuka adalah manajemen waktu.

Manajemen waktu

Secerdas apapun Anda dan walaupun joker123 slot Universitas Terbuka memberikan sistem pembelajaran yang sangat fleksibel bahkan tanpa kebijakan drop out, tidak menjamin Anda akan menjadi mahasiswa yang bisa lulus dengan cepat. Apalagi jika manajemen waktu Anda buruk. Manajemen waktu mungkin terlihat sederhana, tetapi sebenarnya sulit untuk diterapkan.

Dalam konteks mahasiswa UT, manajemen waktu sangat penting diterapkan untuk memperlancar perkuliahan. Apalagi jika Anda seorang mahasiswa yang ingin bekerja. Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik. Anda harus tahu kapan harus mengakses materi kuliah dan mengerjakan tugas, serta kapan harus melakukan aktivitas lain.

Tidak ada alasan tidak ada waktu karena setiap manusia sama-sama diberi waktu 24 jam. Kalau orang lain bisa, kenapa kamu tidak? Waktu 24 jam lebih dari cukup untuk melakukan aktivitas ini.

Misalnya, jika Anda bekerja dari pagi hingga sore, manfaatkan waktu Anda di malam hari untuk belajar dan mengakses materi pelajaran. Jangan terlalu banyak bergaul jika memang ingin cepat lulus dari Universitas Terbuka. Masih ada waktu sekitar 3-4 jam sebelum tidur yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar. Apalagi di bulan puasa ini, kamu justru punya waktu ekstra untuk belajar sebelum atau sesudah sahur.

Sedangkan bagi Anda yang bekerja shift malam, Anda bisa memanfaatkan waktu pagi setelah sarapan dan beres-beres rumah untuk kuliah online. Jika Anda bisa mengatur waktu dengan baik, otomatis Anda bisa belajar, mengerjakan tugas, dan berusaha mendapatkan nilai terbaik. Kalau IPK setiap semester bagus, tidak mengulang mata kuliah, bisa lulus tepat waktu.

Masalah utama mahasiswa Universitas Terbuka yang terlambat lulus adalah nilai jelek setiap semester. Mereka tidak bisa mengatur waktu dengan baik sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk belajar, akibatnya nilai ujian dan IPK turun.